RSS

BUKBER

31 Jul

Beberapa waktu yang lalu aku menghadiri bukber grup sahabat, pas bukber sih semua berlangsung baik-baik saja, namun setelahnya terjadi kehebohan, karena panitia mengumumkan siapa yang menyumbang dan berapa jumlah uang yang disumbang, beberapa adik junior merasa tidak enak hati karena tidak ikut menyumbang maklum mereka masih kuliah dan belum punya penghasilan,kami tidak mempermasalahkan itu karena sudah subsidi silang dari kakak kakak yang menyumbang, namun ada peserta yang merasa tersinggung karena kondisi ekonominya yang lagi tidak memungkinkan dan namanya tidakdisebutkan seolah olah dia cuma numpang makan, bbm jadi ribut. Kami merasa tidak enak, memang sih panitia ada bagusnya mengumumkan hal itu sebagai tanda keterbukaan, namun disatu sisi memancing rasa tidak enak bagi peserta lain yang tidak mnyumbang walaupun peserta yang menyumbang tidak keberatan. Dapat diambil pelajaran disini, bukankah acara bukber ini untuk ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan, kalau masalah tempat dan keuangan sebaiknya didiskusikan sebelumnya bukan setelahnya ini masalah makanan yang sudah masuk perut pamali dibahas lagi, lagipula ada perasaan bagi yang menyumbang atau yang datang hanya makan, yang menyumbang seolah-olah perhitungan dan menyombongkan diri dan yang disumbang merasa terhina dan tak tau malu. Beberapa kali dan setiap tahun aku mengikuti acara bukber tidak ada masalah, kita datang happy pulang happy, bukankah di bulan puasa kita mencari keberkahan? Bukan ajang ujug diri dan acara pamer kan tapi lebih pada mempererat silaturahmi dan kumpul sahabat mau tempatnya di omprengan atau bawa bekal masing masing tidak ada masalah biar tidak ada masalah dikemudian hari.

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 31, 2013 in Uncategorized

 

Tag:

9 responses to “BUKBER

  1. arip

    Juli 31, 2013 at 10:12 am

    Finansial emang masalah paling sensitif ya. Sayang banget kalau pahala silaturahmi bukbernya ternodai.

     
  2. ibuseno

    Juli 31, 2013 at 2:50 pm

    Iya ah gak enak kalau nyumbang kemudian disebutkan nama..
    tangan kanan memberi, tangan kiri tak perlulah tahu,apalagi ini acara bukber kekeluargaan ya

     
  3. ditter

    Juli 31, 2013 at 10:00 pm

    Wuiih….๐Ÿ˜ฎ

    Kalau saya sih bakalan ngerasa nggak nyaman juga mbak kalau disebutin gitu…. Kecuali mungkin dalam kelompok kecil yang ikatan persahabatannya sudah benar-benar dekat, hehe….

     
    • Dee

      Agustus 1, 2013 at 2:14 am

      Salam silaturahmi…
      hmm, setuju sama ditter๐Ÿ˜€

       
  4. sajakrerindu

    Agustus 6, 2013 at 7:37 am

    Jadi pelajaran berharga nih. Seharusnya memang sebelum diadakan acara seperti itu sudah diumumkan secara terbuka tentang segala persiapan dan jalannya acara tersebut biar enak semuanya.

     
  5. orange float

    Agustus 22, 2013 at 3:24 pm

    persoalan uang yang kalo dipikir hanya persoalan kecil nan sepele tapi bisa berujung keributan. sensitif banget

     
  6. Bibi Titi Teliti

    Agustus 28, 2013 at 2:35 am

    duh,
    rada kagok juga yah kalo begituh mbaaa…
    pastilah suasananya jadi kurang enak kalo begituh…

    Sebaiknya sih mending sekalian aja atuh pukul rata iuran nya berapa gituh, biar gak jadi masalah kayak begini…

    *buruan nonton I hear your voice mbaaaaa…hihihi…*

     
  7. nh18

    September 4, 2013 at 6:40 am

    Ini memang masalah yang sensitif Ina …
    Bukan saja bukber …
    tetapi juga Reunian …
    Banyak teman tak mau datang karena nggak enak … enggak bisa “berkontribusi”

    Salam saya Ina

     
  8. ditter

    November 17, 2013 at 12:48 pm

    Hai, Mbak, gimana kabarnya? Lama nggak update nih….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: