RSS

5 FAKTA ORANG BANJAR

09 Agu

5 fakta tentang orang Banjar May 28, ’10 2:52 AM
for everyone
Ada berbagai suku di Kalimantan diantaranya suku dayak, suku Banjar, suku Bugis, dan lain-lain. Karena saya orang Banjar ada 5 fakta yang khas tentang orang Banjar.
1. Orang Banjar itu Agamis :
Liat saja disetiap kampung dari hilir sungai hingga hulu sungai yang namanya langgar atau mushola hampir tiap 10 meter, Mesjid juga dimana-mana ada. Orang Banjar sangat menghormati ulama, guru agama. Dulu gadis2 banjar pantang keluar rumah dengan kepala terbuka kalo ngga pake kerudung minimal ditutupi handuk kalo mau pergi ke warung. Cowok yang pengen ngelamar sama ceweknya ditanya Bapaknya sang cewek apa? Kamu sholat 5 waktu? Bisa mengaji? Bisa mengucapkan syahadat? pake diuji dulu kalo gagal, lamaran ditolak!…he…he..Dan kuota Haji bobol, Haji plus aja antriannya panjang banget, apalagi Haji biasa sekarang orang kalo ada rejeki lebih cuma satu yg kepikir Umroh!

2. Orang Banjar itu kocak dan suka ngobrol
Orang banjar itu identik suka ngobrol dan punya sense of humor yang tinggi, Orang banjar selalu kelihatan ramai dan ceria, tidak di warung di sekolah, di jalanan, dimana saja hingga debat pilkadapun harus ada humor ala Banjar yg kocak abizzz….Makanya orang Banjar punya istilah “mealabiu” asal kata ini di dapat dari daerah Alabio yang terkenal orangnya kocak-kocak dan doyan bercanda. dari yg sopan hingga yg menyerempet-nyerempet ke hal-hal “pribadi”. Susah menceritakan kocaknya kita, kalo kamu berkunjung atau tinggal di banjarmasin lihat sekumpulan remaja, Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, kakek-nenek pada ketawa dan saling tik-tok bicara ditanggung mereka lagi ngobrol dan “ngebanyol bareng”. Apalagi kalo sudah terkeluar katakata ” mengalabuaw”, “mewadai”, “ketukialas!”, “mewaluhi”, “membunguli”, he…he…

3. Orang Banjar itu tukang Makan
Selain makanan Banjar itu luar biasa enaknya jumlahnya juga tiada terhingga saking banyaknya. Mau makanan serba “Baubar” (Bakar, papuyu bakar, bawal bakar, gabus bakar, sayurnya (gangan) macam2 gangan tungkul (tongkol pisang), gangan keladi ( dari bonggol keladi), gangan nangka, gangan ketuyung (sejenis siput sungai) dll, belum lagi soto Banjar, Ayam masak habang (merah), nasi kuning Banjar, ketupat kandangan, mandai (asinan kulit cempedak), kue-kue yg ada 40 macam seperti bingka, bingka berandam, pais pisang, amparan tatak, kakikcak, kalalapon, dll, sederet bubur baras, bubur gunting, bubur randang, bubur habang bubur putih, kalo ingin melihat semua makanan Banjar datang aja ke Pasar Ramadhan, bingung deh mau beli yang mana abis semuanya enyak…enyak…Orang banjar juga punya istilah mewarung, kita suka makan diluar makanya yang namanya warung makan yg buka di Kal-sel dan khususnya Banjarmasin, Insya allah ngga bakalan rugi, ngga warung tepi jalan hingga restauran penuh pengunjung apalagi kalo jam makan atau hari libur. Kita juga suka mencoba makan-makanan baru, kalo ada makanan Jawa dicoba, makanan Bugis dicoba, makanan sunda, dicoba lagi, makanan jepang, cina, malaysia. Orang Banjar itu bisa nahan beli barang tapi kalo beli makanan enak mana tahaaan…wakaka…

4. Orang Banjar itu setia kawan
Orang Banjar itu kelihatannya dari luar orangnya sedikit garang kalo bicara nyaring dengan volume suara tinggi, tapi hatinya lembut dan tidak tegaan kalo udah punya teman mereka akan setia kawan dan royal pada teman. Orang Banjar kadang seolah-olah cepat marah tapi cepat juga memaafkan. Kita juga suka terus terang dan apa adanya. Pokoknya dalam urusan sahabat orang Banjar itu TOP banget deh…he..he..

5. Orang Banjar itu bungas-bungas
Bungas itu artinya cantik dan ganteng. Wah kalo liat cewek-cowok Banjar yg berseliweran di Jalan seakan melihat para bintang sinetron abis cantik-cantik dan ganteng-ganteng. baik yg asli banjar maupun yang campuran dayak, Arab, Jawa, Bugis, hingga Cina. Kulitnya putih kuning hingga sawo matang dan wajah kita cenderung oval, mata belo dan bulu mata lentik dan alis tebal. Ditambah ramah dan setia kawan, menarik bukan?

 
116 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 9, 2012 in note of the day

 

Tag: ,

116 responses to “5 FAKTA ORANG BANJAR

  1. monda

    Agustus 9, 2012 at 7:42 am

    setujuuu…orang Banjar kocak…
    teman2ku banyak yg seperti itu.., di FB masih aja tuh saling melemparkan candaan….dan pakai bahasa Banjar…, sayangnya cuma ngerti sepotong2 he..he…

    eh..jadi kangen soto Banjar… di Jakarta ada yang enak nggak ?..

     
    • partnerinvain

      Agustus 10, 2012 at 7:22 am

      ngga tau kalo di Jakarta Monda, kalo ditempatku soto Banjar yang terkenal cuma jalan kaki doang…he..he..oh ya Bahasa Banjar yang Monda ngerti apa aja sih, ntar aku bikin postingan Bahasa banjar yang kocak😀

       
  2. rawins

    Agustus 14, 2012 at 9:30 am

    cuma sayangnya kalo di pedalaman setitik oknum yang bisa ngerusak susu sebelangga
    temenku tampang nyantri, titel dah haji, tapi kencing sembarangan
    kada kawa bakamih lagi tau rasa dia..
    untungnya ga banyak, anggap aja produk gagal hehehe pisss

     
    • partnerinvain

      Agustus 28, 2012 at 3:42 am

      dimana2 oknum selalu ada…he…he…Rawins bisa Bahasa Banjar jua🙂

       
  3. NdyZyifa (@NdyZyifa)

    Agustus 25, 2012 at 7:02 am

    setuju!!! bujur banar🙂. Partnerinvain orang banjarmasin?

     
  4. nh18

    Agustus 28, 2012 at 5:44 am

    Yang jelas … Orang-orang Banjar yang saya kenal … semua baik-baik …

    Bahkan Adik saya … ketika menikah … untuk menjadi saksi dari pihak kami … kami sengaja meminta kesediaan salah satu tetangga / sahabat keluarga kami yang kami hormati … dan beliau adalah orang Banjar !

    Salam saya Ina

     
    • nh18

      Agustus 28, 2012 at 5:45 am

      “nanang” itu sebutan pemuda / lelaki Banjar bukan ?

      (dan itu adalah nama saya …)
      hehehe

       
      • partnerinvain

        Agustus 31, 2012 at 7:09 am

        benar Om , makanya ada pemilihan Nanang dan Galuh Banjar🙂 Salam Hormat saya selalu Om Nanang

         
    • partnerinvain

      Agustus 31, 2012 at 7:11 am

      Moga Orang Banjar yg Om kenal banyak yang baik-baik termasuk aku #jadi malu…masih menuju baik🙂

       
  5. kontraktor bangunan

    September 10, 2012 at 6:14 am

    makasih udah share infonya ya…:)

     
  6. The Utuh

    September 10, 2012 at 4:26 pm

    Hahaa…urang Banjar tu katuju bagaya (sense of humor) tu dah pasti. Acara serius kayapa haja…pasti tabuat bagayaan..baik urang tuha atawa remaja, binian atawa lakian..

     
    • Kala Katu

      Februari 2, 2014 at 5:31 am

      waw,,, jadi bingung bahasanya,,,
      Ajarin dong,,,

       
  7. Supriadi bin Masrawansyah

    September 22, 2012 at 8:57 am

    bujur banar… Salam kenal nah… Supri

     
  8. nurul

    November 6, 2012 at 4:22 am

    Makasih info nya… Jdi lebih tau tntg org banjar.. Saya orang banjar tp dri lahir udah dmedan bahkan kakek dari mudanya dulu ud pindah ksini jd saya ga ngerti tntg banjar..
    Info ini rasanya brmanfaat x bwt saya😀

     
    • wahyula lardila

      Februari 4, 2015 at 12:15 pm

      Wah. Medan. Dimana mbak..aya juga di medan tuh.sy juga orang banjar. Heee😀

       
      • partnerinvain

        Februari 6, 2015 at 10:12 am

        aku di Banjarmasin, salam kenal ya

         
      • wahyula ardila

        Februari 9, 2015 at 5:50 am

        Di jalan sri gunting mbak

         
      • adikusanto14

        Maret 1, 2016 at 4:26 am

        Saya juga urang banjar..saya di medan di kampung baru jl.b.katamso

         
    • achmad indriansyah

      Maret 30, 2015 at 6:13 pm

      bejajalan dlu ke kalsel sini,,,,kaina kulajari bahasa portugis hahahaha

       
  9. awan

    Desember 13, 2012 at 5:14 am

    Kadang2 humor / candaan orang banjar sangat tinggi hingga membutuhkan penalaran khusus agar bisa di cerna,,, kta orang banjar “mahalabiu” . . . Itu yg sangat saya suka. . . .
    1 hal kebiasaan orang banjar yg “mungkin” tidak d temui pada suku lain, adalah: saat berada di warung waktu lgi makan / minum, orang banjar pasti pamit nawarin org yg dtang blakangan di warung tsb, dgn kalimat “mari makanan/minuman mas/mbak”, atau “badahulu nah”
    Itulah sbagian kbiasaan urang banjar yg patut di banggakan,
    Point no 5 , bujur jua pang, tpi sayang postur org banjar cenderung tdk trlalu tinggi, hingga sulit brsaing di dunia hiburan tanah air, hehehe

     
    • partnerinvain

      Januari 4, 2013 at 5:34 am

      terima kasih Om telah memilih postingan saya yg ini untuk postingan tahunan special 9 sangat spesial sekali bagi aku, karena nama aku dan blog aku ditulis Om NH sangat berarti sekali bagi aku. Siapa sih yang tak kenal Blog Om NH. Sungguh suatu kehormatan bagi aku ketika postingan aku terpilih. Sekali lagi terima kasih banyak Om. Salam hormat dariku.

       
  10. chrismanaby

    Januari 3, 2013 at 2:23 am

    Salam kenal, lihat blog ini dari om nh18😀

     
  11. Desi Rusjaya

    Januari 17, 2013 at 9:31 am

    pacarq urang banjar capuran kutai..
    di ajak ngomng banjar cma paham” dikit cz ada sebagian kata yg mirip atix ma bhs jawa..

    qlo aq asli 100% jawa..tp bnyak yg ngira aq org banjar cz face yg mendukung..wkwkwkwkwkwk

    teman”q kbnyakan jua urang banjar..
    semuax setia kawan..seneng bgt pny temen” urang banjar trutama yg di samarinda..
    cz aq cewe jawa yg perantauan,,tp mreka tetep baik ma aq..

     
    • partnerinvain

      Januari 19, 2013 at 1:14 pm

      urang Banjar itu tidak hanya di Kalimantan Selatan saja tapi juga melikupi Kal-Tim, Kal-Teng, cuma Kal-Bar yg sedikit orang Banjar, mereka malah menggunakan Bahasa Melayu

       
      • Aaina

        September 26, 2013 at 1:50 am

        Uln org bnjr jua ne tp bhs bnjrx uln msh cmpur aduk. Setuju bgt t org bnjar memang bungas2,terkenal lho kcantikan gadis banjar sampai kalbar.ulun suah tggl d sna pank,hehe

         
  12. sule

    Januari 30, 2013 at 11:38 am

    prettt!!!! bokis bgt. gue sekarang terjebak di banjarmasin.
    ke lima poin di atas gada yg bener kcuali kalo situ baru mutasi dari pelosok hutan,so ke lima poin fi atas bener.

     
    • partnerinvain

      Januari 31, 2013 at 7:29 am

      aku lahir di Banjarmasin dan aku lebih 30 tahun tinggal disini aku juga orang Banjar asli

       
    • partnerinvain

      Januari 31, 2013 at 7:35 am

      berarti kamu makannya cuma di Duta Mal doang atau makanan restaurant internasional, mungkin kalo 4 hal menurut kamu aku bokis itu terserah kamu, tapi kalau soal makanan tanya aja orang yang pernah ke Banjarmasin mereka biasa bilang makanannya enak-enak

       
      • choky

        Mei 29, 2013 at 4:34 pm

        Gak ada 1pun yg bener yg disebut ke 5point diatas yg ada budaya ngotot nya itu terutama dijalan raya aduh duh.. SDM nya PARAH !

         
  13. Dewi Anggraini

    Februari 3, 2013 at 8:53 am

    Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

     
  14. cobirez

    Februari 9, 2013 at 2:39 am

    mantap..
    salam u/o bnjar.

     
  15. Munawar

    Februari 11, 2013 at 8:38 am

    terimakasi banyak atas tulisan n postingannya, semoga bermanfaat untuk kita yang membacanya.
    salam kenal

     
  16. fata haya

    Februari 23, 2013 at 5:01 am

    Bujur dangsanak ae…..
    tambahan lagi org banjar persaudaraan nya kuat,apalgi dperantauan….
    aq merasakan sendiri itu,skrg aq dperantauan merasa mendapat keluarga baru sesama bnjar….

     
  17. tipan

    Februari 23, 2013 at 4:03 pm

    Kaganangan lawan masakan banjar nah ulun.

     
  18. hamidi

    Februari 26, 2013 at 4:36 am

    mntap bossssssss ,,nang hiri situs ngini jgn di lawani

     
  19. danu

    Maret 12, 2013 at 5:31 am

    lucu kalau urang banjar lg ngumpul,pst hujung hujungnya ketawaan……..
    hahahahahahahaaaaa

     
  20. ramarianty

    Maret 14, 2013 at 5:04 am

    Nice post,.! Unda urang Banjar jua.

     
  21. syarwani

    April 6, 2013 at 5:52 am

    aq orang bugis tpe q tetap ktuju wan orng banjar, apa lage mun d’warung biar kada patuh tetap ja betawaran mkan. . . . .

     
  22. ahmad subahan

    April 10, 2013 at 11:18 am

    iyaleh

     
  23. windy

    April 17, 2013 at 8:31 am

    hidup banjarrr……

     
  24. Vicky

    Mei 2, 2013 at 2:35 pm

    Ada org Binuang lah yo ?

     
  25. anang muzranrip

    Mei 16, 2013 at 5:10 am

    orang banjar jugak bayak yang tinggal di lombok Nusa tenggara barat.
    termasuk aku.😀

     
  26. Noor Hafizah

    Juni 2, 2013 at 1:12 pm

    bujur banar, betawaran makanan sebarataan …jar.
    Banjar is the best jar urang tu.

     
  27. Marlina Yuan

    Juni 7, 2013 at 7:35 am

    bujur banar pian tu ..
    orang banjar bungas2 langkar .. hihihi

     
  28. alin edogawa

    Juli 8, 2013 at 3:23 pm

    nang kadintu leh.heeee #TIPS MENGHINDARI MALING#

    Babarapa Tips aman gaSan maninggalkan rumah Saat bapargian jauh. Silahkan pilih Salah Sabuting nang manurut pian tukcir.

    1. Andak Sandal Sabanyak2nya dimuka lawang. Tujuannya untuk manipu Si Maling bahwa didalam rumah pian lg banyak orang.

    2. PaSang bandira hijau dimuka rumah piae.Tujuannya untuk mayakinkan Si Maling bahwa dirumah pian ada
    orang maninggal dan maling pun kd wani maSuk.

    3. Tempelkan kartaS atau pamflet didinding muka rumah pian nang batuliSan ‘ RUMAH INI DIJUAL’ atau ‘RUMAH INI DISEGEL BANK’ Tujuanny agar Si Maling barpikir bahwa rumah pian lg dalam masalah & kadada iSinya.

    4. Kalau dgn cara ini pian haruS bauruSan dulu lwn PoliSi. Yaitu pinjamlah ka PoliSi “Garis Polisi
    ” atau Police Line lalu paSangkan kaSakaliling rumah pian. Ulun jamin Maling kd bakal wani maSuk ^ ^

     
  29. lutfianaifa

    Agustus 20, 2013 at 9:10 am

    ulun suka banar wan bhs banjar…nah ktahuan nih urang asli wan yang bkan…hehe

     
  30. saipul jumri

    Agustus 29, 2013 at 3:11 pm

    Ulun kurang paham bhsa banjar ni..

     
  31. yuli

    September 17, 2013 at 9:20 am

    ramenya urang ba komenan.. hann makasih2 jd ge’er ulun mandangar postingan kkawann sabarataan neh..😀

     
  32. yuli

    September 17, 2013 at 9:24 am

    n gk lupa T.O.P B.GT deh buat blognya.. sukses selalu..🙂 Amin..

     
  33. Hendry Solawat Rasul

    Oktober 5, 2013 at 11:48 am

    salam semua banjar ulun bangga dilahirrakan jadi urang banjar karna apa kita semunyaan urang banjr orangx pintar pintar lawan kita ni biar banyak masalah tatap haja kawa tatawa karna kita banjar nih urangnya lucu lucu banar

     
  34. 7424438

    Oktober 30, 2013 at 6:22 am

    banar kahh…

     
  35. 7424438

    Oktober 30, 2013 at 6:24 am

    anak banjar kuala lumpur nak ber surah….. dg kalian….

     
  36. bujanggaweb

    November 8, 2013 at 4:48 pm

    Terima kasih untuk postingan dan artielnya. Saya pemuda/ remaja jawa yang merantau ke Banjar tapi tepatnya di Banjarbaru. Memang benar, orang banjar baik2, ramah, suka membantu dan suka menolong. hehehe…

     
  37. Novi Abdi

    November 26, 2013 at 3:08 pm

    wah, ada jua nang kada cocok salera lah wan kita—untung kada sabarapa, hehehe—mari basilaturahmi, baelangan di blog kami noviabdi25.wordpress.com—-ada sedikit kesah banjar nang lain modelnya, hehehe

     
  38. zaini gani

    Desember 2, 2013 at 3:05 pm

    ada yang tahu lah kampung banjar dijakarta dimna?
    handak bekumpulan lawan babuhan banjar nah lawas kada bulik kampung.
    ada yang tahu jua lah kuliner banjar di jakarta?
    lawas kada makan nasi sop nah.

     
  39. abe

    Desember 14, 2013 at 7:39 am

    setujuhhh urang banjar bungass,baik hati rajin menabung kada sumbung tapi penyarikan hahahhahahah

     
  40. pahat

    Desember 15, 2013 at 5:12 am

    Setuju dengan Nomor 5Bungas kaya nini ku hehheheheeh

     
    • Muhammad Hasan

      Februari 5, 2014 at 3:47 am

      Bubuhan Banjar ni kada tapi katuju badabat, urang nya banyak nang manasawuf.

       
    • Muhammad Hasan

      Februari 5, 2014 at 3:49 am

      Bubuhan Banjar ni kada tapi katuju badabat, urang nya banyak nang manasawuf..

       
  41. darmadi

    Desember 20, 2013 at 4:34 pm

    kita per erat silaturahmi sesama urng banua.

    lam kenal…..dari urng ggah yg bgana di kuala tungkal….hahahahahaha

     
  42. gilang ramadhan

    Januari 19, 2014 at 1:56 pm

    wahh .. bujurlah saya asli keturunan banjar tapi dibesarin di jawa .. waktu saya pulkam ke banjarmasin mengenal teman baru yang sangat setiakawan kepada kawanya mereka sangat baik kepada saya salut dehh sama urang banjar ..

     
  43. ian gancank

    Januari 20, 2014 at 11:42 am

    nang pasti urang banjar tu panggayaan…hahahh..
    bila takumpulan di warung,rami tupang hudah tatawaan..bilang handak karing gigi..hahaha aur tatawa tarus..:D

    buah katapi rasanya manis..
    buah kastela barasa kuini..

    niat hati manilik gadis..
    apalah daya tatilik nini..

    hahaa…

     
  44. aseluluy73

    Januari 26, 2014 at 8:54 pm

    oyyy buhan nya kok sepi sih pada kemanaan buha pian

     
  45. aseluluy73

    Januari 26, 2014 at 8:56 pm

    oyyy buhan nya kok sepi sih pada kemanaan buhan pian

     
  46. okta nur amalia

    Januari 31, 2014 at 4:33 am

    ham kaloooo sidin asa himung mendangar nya ulun nah wkwkwk

     
  47. Rwa-Rwa (@rarooot)

    Maret 28, 2014 at 6:49 am

    bokap gue orang banjar tau hahahaha lucu juga bacanya, kalo ditanya orang mana gue jawabnya orang banjar padahal nyokap orang serang dan gue asli tangerang😀

     
  48. Vie

    April 2, 2014 at 1:17 am

    Gasan bubuhan banjar sadunia : “Salam badingsanak lah …”🙂

     
  49. maulana

    April 7, 2014 at 12:26 pm

    umay rami-nya l¢ …

     
    • Ihsan

      April 24, 2015 at 4:00 am

      banjar dayak kutai itu memang bungas”, aku bangga menjadi orang asli kalimantan

       
  50. A A Rahman

    April 26, 2014 at 4:18 am

    Naah, ulun asli urang Alabio. Rancak kai malajari “mahalabiu”. Wayahini sudah 3 tahunan marantau ka Semarang.

    Di jawa jangan bapadah urang Banjar , kaina dikira urang Banjarnegara (Jateng), atau Kota Banjar (Jawa Barat).

     
  51. oday

    April 26, 2014 at 7:51 am

    Tipikal urang banjar tu kaini nah….
    Pabila saurangan inya mahayal ( Mahayal sugih, mahayal harat, mahayal bungas….dll)
    Pabila takumpul badua inya bahaharatan…. ( bapadah taguh,bapadah sugih…dll)
    Pabila takumpul batiga….ada tu saikung nang dibungulinya….
    He…he… pis….ma’alabiu….

     
    • partnerinvain

      Juni 4, 2014 at 7:26 am

      hahaha…..bujurrrrrr

       
    • Hanafi

      Juli 21, 2015 at 10:13 am

      Hahaha.. nahh ini nang urang banjar asli.. slam brataan aja..

       
  52. mataharibangsa

    April 26, 2014 at 9:31 am

    bravo banjar,,,

     
  53. Ahyadin

    April 26, 2014 at 10:46 am

    tahunya pang ikam wal ciri-ciri urang banjar wal ….

    mana bujur sabarataan ha pulang ..

     
  54. Raihani

    April 26, 2014 at 11:41 am

    Ulun Bangga Jadi Orang Banjar ^_^

     
  55. Beny Prasetyo

    April 27, 2014 at 7:06 pm

    Assalamualaikum
    Salam kenal. Saya orang Jawa Tengah, tepatnya Wonogiri ( Selatan Surakarta/ Solo ). Saya suka mempelajari tentang kebudayaan Indonesia. Saya tertarik dengan suku Banjar. Pokoknya salam kenal.

     
  56. ami

    April 29, 2014 at 2:16 pm

    bujur tu semua,aku jua urang banjar…

     
  57. madhur

    Mei 3, 2014 at 4:25 pm

    ada lagi…..org banjar suka ngomong hal2 yg cabul(lanji??) bhkan wktu belajar

     
    • partnerinvain

      Mei 23, 2014 at 3:58 am

      hahaha…kayaknya yang beginian tidak hanya orang Banjar siiiy

       
  58. Zit

    Juli 18, 2014 at 9:58 pm

    Urang banjar ni bungas bungas binian nya ,,,, kadada yg kada bungas

     
  59. Oleh Oleh Banjarmasin

    Agustus 21, 2014 at 10:55 am

    Bujur bujur bujurrr,. heheheh

     
  60. Randiii999

    September 17, 2014 at 9:03 pm

    Akaiii, Rasa himung hati membaca artikel Nyawa nih, rasa handak tekurihing tarus Unda nih heheee. Nda nih binian lah :3 memperjelas jenis kelamin ja, tewww

     
  61. Langsat Tanjung

    September 29, 2014 at 1:00 pm

    asli urang banjar tu bungas bungas apalagi buhan tanjung bibinian ny kah lakian ny kah manis-manis kaya langsat tanjung jua wkwkwkwkwkwk. Kayapa kada lucu urang banjar nih buan pian nih berataan nah bacai komentar2 pasti takurihing saurangan HAHAHAHAHA amun kada takurihing lain urang banjar tu

     
  62. Rendy

    Oktober 15, 2014 at 2:16 pm

    salam sabarataan ulun urang banjar jua
    tapi mata ulun kada belo mata ulun sipit, kulit ulun putih kemerahan sdikit, tapi ulun lain cina
    hehehe salam banjar bungas

     
  63. Ilmu Sehat

    Oktober 20, 2014 at 9:02 am

    terima kasih banyak infonya…..sangat membantu, ini bisa kami jadikan sebagai referensi untuk sharing ke teman-teman yang membutuhkan

     
  64. 123 456

    November 19, 2014 at 8:26 am

    kalau belalu lintas gmn….?
    silahkan dikomentari & dijabarkan dengan jujur…….
    kecuali bagi orang-orang munafik………….

     
  65. icha

    Desember 3, 2014 at 10:52 am

    Pengalaman ketemu orang banjar.. ga ada yg kayak disebut di poin atas. sayang banget ya… Aku malah ketemunya sama yg galak, dikit-dikit marah. Kalo marah alasannya lucu “ya wajar lah papa aku orang banjar, orangnya keras”. Dikolam renang kecipratan air dikit sm orang yang baru belajar aja dia langsung melotot ke orang itu. Pernah pas tidur bareng, dia pagi-paginya gak solat subuh. Padahal pengen banget ketemu orang banjar kayak yang disebut poin diatas.

    Ada juga sih temen aku dr kalimantan, papa mamanya asli kalimantan cuma gak tau dr suku mana, cantiiiiik banget, kulitnya putih bersih, lembut banget bicaranya. Gak kayak yang temen yg sebelumnya aku ceritain yg bener-bener ngakunya orang banjar tp galak banget tu nahhhh😦

     
    • wahyula lardila

      Februari 4, 2015 at 12:13 pm

      Hahaha.. ayah saya juga galak baget. Kayaknya nurun juga ke saya galak2 dikit..hehe

       
  66. wahyula lardila

    Januari 3, 2015 at 3:50 am

    Waaah… saya bangga menjadi orng banjar.. yang di atas memang bner nih.. watak nya banjar baget..termasuk saya juga..😀

     
  67. warsi choi

    Januari 28, 2015 at 9:52 am

    saya banjar tapi Banjarnegara
    hehe

     
  68. fauzi

    Februari 14, 2015 at 1:14 am

    Apa habar buhan banjar seberataan…ulun urg samarinda asli kada pakai pemanis buatan sudah manis…wahaha

     
  69. fauzi

    Februari 14, 2015 at 1:14 am

    Apa habar buhan banjar seberataan…ulun urg samarinda asli kada pakai pemanis buatan sudah manis…wahahaha

     
  70. karmila saputri

    Maret 13, 2015 at 12:01 pm

    wah MANTAP jua leh urang banjar ni.. bangga ulun jadi urang banjar walaupun kada bisa bangat bapandir bahasa banjar mungkin sabab lun ni tinggal diriau…

     
  71. achmad indriansyah

    Maret 30, 2015 at 6:16 pm

    bubuhan banjar berataan nihh

     
  72. mangkunu

    April 7, 2015 at 12:42 pm

    hmmm..1 point yg sy pstikan bnar… yalah kbanyakn org kalimantan kulitnya lbih putih-kuning dripada org luar pulau..yg hitam jg bnyk tpi hitamny krn brjemur.. dlu wktu sy kcil klau ada tmn yg hitam. psti dcurigai bkn org banjar-dayak..haha

     
  73. Ikhwan

    April 25, 2015 at 7:10 am

    bebinian’nya tuh bengkeng kalo lelakiannya bungas2… tp hati2 lawan urang banjar inya baik sekali di sakiti inya lebih jahat…

     
  74. Anynomous

    Mei 4, 2015 at 1:11 pm

    Nenek laki dan tina orang banjar. Mak ulon pun orang banjar tagal bapak ulon jawa . Jadi kiranya ulon ini orang apa ? Kalau cakap semua di atas pasal orang banjar mmg ciri ciri pada nenek dan mak ulon . Ulon pun sama putih kuning langsat. Berbangga jadi orang banjar .

     
  75. zae

    Juni 21, 2015 at 2:07 am

    Mantab iech…

     
  76. Nazar muadzin

    November 3, 2015 at 2:13 am

    Bujur banar ulun orang banjar asli,membacanya aja ketawa tarus ulun nyaman bakumpul lawan urang banjar ini

     
  77. rahman

    November 9, 2015 at 10:34 am

    Assalamualikumm…
    ulun urang banjar jua nihh .dari medan ..salam lah awan keluarga banjar sabanuan..

     
  78. Unul

    Februari 11, 2016 at 3:19 pm

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.. Ulun umpat mngoment lih..😄
    Ulun urang banjar jua tapi campur jawa, nang uma urang Banjar asli nang abah urang Jawa, 5 poin nang dibahas d atas td tu bnyak nang bujur, bedax amun di tengah kota kada tapi bs ttamu nang kya tu paling rancak nang di pinggiran kota lawan jua mun handak bcari bnian bungas banyak di banjar apalagi mun bpander Rnya cadel, membari grigitan coz calon bini ulun urang banjar jua..😄

     
  79. azri

    Februari 13, 2016 at 3:17 am

    salam kulaan, aku urang banjar dimalaysia, salam kenal kulaan sekalian

     
  80. thegue

    Februari 25, 2016 at 12:43 am

    1,2,5 mungkin benar tapi yang 3 saya kurang setuju apalagi yang 4… kekawalan saya banyak jua bubuhan banjar tapi pada umumnya “apel” alias agak pelit…. walaupun itu relatif tapi hampir semua kawalan saya yang banjar kayak itu… maaflah… itu fakta loh….

     
  81. Hulu sungai

    Maret 7, 2016 at 8:56 am

    Datangi aja ke daerah hulu sungai, budayanya masih bagus dan orang2nya ramah, tamah, sopan, dan santun. Beda jauh lawan di banjarmasin, bepandernya kasar2, kisah paling jagau to pang dah, apalagi nang mengaku inya pemadam kebakaran. Pamulaan diam di banjar pas kuliah to gen ngalih bngt beadaptasi, keadaannya beda jauh lawan di hulu sungai.lawan jua orang di banjarmasin sudah kda tapi manahu lagi lawan orang di higa rumah.

     
  82. renaldy

    Maret 27, 2016 at 1:26 pm

    Umpat lalu nah pina rami banar handak umpat jua ulun, ulun asli urang banjar, sungai lulut komplek dalem sakti

     
    • YennyKim

      April 16, 2016 at 2:32 am

      Assalamualaikum un org bnjr jua tpii cmpurn agk ke korea ^_^

       
      • partnerinvain

        Mei 24, 2016 at 5:04 am

        di Korea kah wayah ini dingsanak?

         
  83. Zikri

    April 24, 2016 at 5:57 pm

    Langsung kaganangan ulun lawan masakan mamak dirumah pas baca postingan tentang makanan tadi.. ulun lagi merantau di kota urang

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: