RSS

APA GUNANYA SIH?

14 Mei

Baru saja beberapa minggu yang lalu beredar photo-photo visum Almarhumah istrinya Saiful Jamil beredar di internet, beberapa hari ini setelah peristiwa jatuhnya pesawat Sukhoi beredar photo-photo yang katanya mayat korban pesawat Sukhoi. Sebelum-sebelumnya aku juga sering menerima photo-photo mayat tabrakan bahkan mayat anak kecil, apa sih maksudnya si oknum penyebar photo mayat ini? Mayat juga punya keluarga kan? Bagaimana perasaan mereka?

Aku melihat tabrakan saja sudah tidak tega apalagi sampai mengambil gambar dan menyebarkannya. Memang ada photo-photo mayat yang memang dibutuhkan untuk identifikasi atau untuk bukti visum tapi bukan disebarkan secara umum tapi hanya untuk kalangan terbatas, keluarga, kepolisian, atau yang berhubungan dengan hukum.

Orang-orang sekarang gagap teknologi bahkan mayat yang notabene manusia yang seharusnya dihormati dijadikan bahan eksploitasi bahkan maaf ada yang dijadikan bahan bercandaan.Di Jepang bahkan wartawanpun dilarang mengabadikan dan menyebarkan photo-photo mayat, bahkan peristiwa tsunami yang baru-baru saja terjadi disana tidak ada ditampilkan di TV ataupun koran mayat-mayat bergelimpangan seperti yang kita lihat di Aceh beberapa waktu lalu, kenapa? Untuk menjaga perasaan korban yang ditinggalkan, kehilangan saudara, keluarga, ataupun teman adalah sebuah pukulan apalagi ditambah beredarnya photo-photo mayat yang mereka cintai? Bagaimana kalau keluarganya tidak rela photo-photo mayat keluarganya itu disebarkan? Kemana harus minta maaf, orangnya saja sudah meninggal? Kita tidak tahu kapan kita mati dan bagaimana kita mati, dan mungkin saja kejadian yang menimpa mayat itu bisa saja terjadi pada kita dan keluarga kita? Pernahkah terpikir oleh orang-orang yang suka menyebarkan hal-hal seperti ini?

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 14, 2012 in note of the day

 

Tag:

One response to “APA GUNANYA SIH?

  1. Arman

    Mei 14, 2012 at 5:48 pm

    iya. gak berperasaan ya…😦

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: