RSS

TINGKAH PENJUAL YANG BIKIN PEMBELI ILLFEEL

24 Feb

Hubungan penjual dan pembeli itu bagai simbiosis mutualisme, saling menguntungkan apalagi kalau pembeli dengan pelayanan si penjual bisa jadi si pembeli itu balik lagi-balik lagi atau TOA gratis kepada calon pembeli lain tanpa memasang iklan.

Pasti rekan blogger pernah balik kanan grak atau tiba-tiba resleting tas tiba-tiba ngadat waktu mau ngambil dompet gegara meliat kelakuan si penjual. Aku sering memperhatikan kelakuan penjual atau penjaga toko yang membuat si pembeli angkat kaki dan tidak balik-balik lagi trus ngajak semua followernya di twitter untuk “Jangan” mampir di toko ituπŸ™‚

1. Tipe gadget mania
Ini niat jualan apa ngga sih yang namanya penjual offline (bukan online) harus komunikasi dengan pembeli, lha ini bukannya ngobrol atau basabasi dengan pembeli malah asyik sendiri sama BB atau Ipadnya. Kalau mau dagang stop twitteran dan BBM-am, Mbak-Mas, pembelimu pengen denger suaramu.

2. Jutek
Wajah ngga perlu seganteng Zumi Zola dan secantik Fernita, Ngga perlu pake rok mini atau baju berpotongan dada rendah, cukup perkataan ramah dan senyum manis. Memang satu dari seratus pembeli itu ada yang menyebalkan, dan mungkin hanya cuma cuci mata, tanya-tanya doang lalu pergi, namun melihat keramahan anda mungkin suatu hari nanti dia akan kembali dan membeli.

3. Membeda-bedakan pembeli
Ada yang datang pake BMW langsung pasang muka manis, yang datang naik motor butut dicuekin. Yang datang rambut disasak berjambul katulistiwa menenteng Hermes langsung diajak ngobrol, yang datang pake sandal jepit jins sobek-sobek, dipandang sebelah mata juga tidak. Tiba-tiba yang pake sendal jepit itu ternyata ngeluarin duit dari tas kresek sambil bilang, “gue beli sama tokonya sekalian juga bisa kok!” Gimana?

4. Ngegosip
“Dasar pelit, harga segitu masih ditawar.”
“Suaminya jelek banget, ngga sebanding sama istrinya.”
“Liat norak banget blusnya beli di pasar jongkok kali.”
“Dia lagi….dia lagi…beli kagak.”
pernahkah terpikir kalau celutukan, gosip, nyinyir yang anda ungkapkan sebagai penjual terdengar sama si pembeli atau calon pembeli lain? Walaupun kenyinyiran anda itu ditujukan pada orang tertentu tapi bagaimana dengan pembeli lain tidak kah terpikir oleh anda pembeli lain berpikir jangan-jangan saya dinyinyirin juga selanjutnya.

5. Out of stocks
pernah ngga, kita sebagai pembeli ilfil dan ngga jadi beli gegara ngga ada ukuran yang sesuai atau warna yang diinginkan? kalo cuma satu dua sih ngga papa kalo semua barang ngga ada yang ready stock mending cari di toko yang lain.

6. Tidak punya kembalian
Sebagai penjual sudah seharusnya sebelum membuka toko mempersiapkan uang kembalian. Jangan sampai uang kembalian diganti permen atau bilang ngga ada uang kembalian. Berapapun uang penjual harus dicari kembaliannya entah tukar uang ke tukang parkir terserah yang penting harus ada kembalian masak orang beli di tolak gara-gara ngga ada kembalian?

7. Terlalu Agresif
Baru didepan pintu sudah disambut gegap gempita, diatawarin ini itu, dijelaskan panjang lebar buntutnya dipaksa beli. Wuaaaah atuuuuut….pembeli itu kayak calon suami atau istri, kalo dipaksa bisa-bisa kabur. Biarkanlah pembeli merasa nyaman dan memutuskan keinginannya sendiri.

7 kelakuan diatas yang bikin pembeli ilfil ini sangat subjektif dan hanya menurut sudut pandang sebagai pembeli doang, mungkin rekan blogger atau penjual sendiri yang ingin menambahkan, silahken.

 
13 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 24, 2012 in think tank

 

Tag: , , , ,

13 responses to “TINGKAH PENJUAL YANG BIKIN PEMBELI ILLFEEL

  1. Arman

    Februari 24, 2012 at 6:32 pm

    emang paling males ketemu penjual yang gak niat jualan atau justru terlalu maksa. malah jadi males beli jadinya ya….

     
  2. Nandini

    Februari 25, 2012 at 3:04 am

    Saya pernah jalan-jalan sama temen ke pusat belanja elektronik di Jogja.. eh, yang jual juteknya setengah mati.. langsung deh, temen saya itu ngomel2.. “mbak, kenapa dulu ga daftar aja jadi polwan? lebih cocok daripada jualan kaya gini..”πŸ˜†

     
  3. nh18

    Februari 25, 2012 at 3:13 am

    Nomor satu dan nomor tiga memang sangat menyebalkan …

    Kalau saya jadi sales trainernya … pasti habis saya sikat itu orang …
    ini pantangan … !!!

    Seorang penjual sejati … mampu membedakan mana prospek konsumen … mana yang bukan …
    mereka bisa membedakan … mana pengendara BMW yang sekedar orang suruhan … dan mana pengendara motor singletan yang ternyata punya usaha beromset milyaran …

    mereka bisa membedakan … mana hermes KW 3 mangga dua … mana tas yang un branded tetapi harganya jutaan … (un branded karena memang dibuat sangat terbatas dan untuk kalangan tertentu saja …)

    Sales person yang handal … tau banget itu …
    hahahah

    salam saya Ina
    (kok jadi marah-marah begini saya …)

     
    • partnerinvain

      Februari 25, 2012 at 2:28 pm

      ngga papa Om saya juga marah kalo nemu sales yg demikianπŸ™‚

       
  4. anna

    Februari 26, 2012 at 11:31 am

    hehehe…
    setuju banget mbak…
    kadang sebel juga kalo penjualnya jutek, ato kalo gak malah cuek… hih..
    tapi ada satu lagi… yang bisa bikin sebel… masuk ke butik, dan yang jagain ngikutin kita… mungkin maksudnya siap sedia, tapi kan bikin risiiiih…

     
    • partnerinvain

      Maret 2, 2012 at 6:21 am

      aku sering diintilin kesana kemari jadi males masuk kesana lagi

       
  5. niee

    Februari 27, 2012 at 1:23 pm

    setuju sama semuanya.. terutama yang terlalu agresif.. belum aja mau milih2 udah disodorin ini itu, ditanyain mau beli apa.. paling males deh klo kayak gitu, soalnya aku sukanya belanja nyari sendiri dulu, kalau ada yang tertarik baru deh manggil pelayannyaπŸ˜€

     
    • partnerinvain

      Maret 2, 2012 at 6:20 am

      apalagi yang ngintilin kita kesana kemari emang akuh ada tampang klepto apa?πŸ˜€

       
  6. Ditter

    Februari 27, 2012 at 2:36 pm

    Wah, saya pernah nemuin pegawai (penjaga toko) yg seperti itu, Mbak. Cuek banget, nggak melayani pembeli dgn baik. Jaga toko sambil dengerin musik di hpnya (pake earphone).
    Eh giliran ada bos atau manajernya, baru deh pura-pura rajin. Saya yakin karyawan seperti itu nggak akan bisa maju. Kalau saya bosnya, udah saya pecat tuh. Bikin bangkrut toko aja…..

     
    • partnerinvain

      Maret 2, 2012 at 6:20 am

      apalagi kalo si pembeli yg sebel langsung update ngetwit kasihan si bos yg punya toko, tokonya bakal ngga laku

       
  7. thakil

    Februari 27, 2012 at 11:03 pm

    dari semua yg menyebalkan itu, aku paling sebel sama yg nomer 6 tante ini. bawaannya pasti tangan langsung gatel pengen noyor kalo si penjaga toko udah nanya “ga ada yg pas aja?”

     
    • partnerinvain

      Maret 2, 2012 at 6:18 am

      harusnya penjual itu udah nyiapin kembalian sebelum buka toko

       
  8. bunda lily

    Maret 6, 2012 at 5:03 am

    pingiiiiin marah……kalau lihat penjual yg berkategori kyk gini …..beugh….πŸ‘Ώ

    sabaaarr….sabar…..
    mendingan tinggal aja, balik kanan graaakk… …
    daripada sakit hati….πŸ™‚
    salam

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: