RSS

KETIKA YOUTUBE TAYANG DI TV

26 Sep

Sekarang lagi ngetrend tayangan YouTube pindah ke TV judulnya macam-macam dikemas berbeda-beda tapi buntut-buntutnya sama saja, TV sudah malas bikin acara yang orisinil atau yang beginian ongkos produksinya lebih murah?

Beberapa diantaranya bagus dan menarik, bermanfaat dan banyak menambah pengetahuan sekaligus menghibur, contohnya tentang binatang-binatang terunik, rumah-rumah ramah lingkungan, pulau-pulau indah terpencil, dan lain sebagainya.

Tapi betapa terkejutnya saya menonton tayangan sore ini, ketika tayangan seperti ini menanyangkan Gengster paling TOP, dan rata-rata gengster ini pengedar narkoba dan main senjata api. Dimana mendidik dan bermanfaatnya tayangan ini? Alangkah baiknya jika menayangkan tentang Grand Master termuda atau anak-anak multitalenta daripada tentang Gengster yang sama sekali bukan contoh yang baik. Sangat disayangkan, apalagi tayangan ini ditonton oleh semua umur, termasuk anak-anak dan lumayan digemari.

Beberapa waktu yang lalu saya juga menonton tayangan sejenis, menampilkan Lomba kecantikan untuk ibu-ibu hamil, dan gambar yang ditampilkan bukan ibu-ibu berdaster melainkan “maaf” ibu-ibu berbikini seraya bersilewaran memamerkan perut masing-masing yang lagi melendung. Sadar ngga sih tayangan ini ditayangkan siang hari (ibu-ibu itu pasti dimarahin suaminya masing-masing) dan di Indonesia yang masih memegang teguh adat ketimuran, Miss Universe yg langsing mulus aja pake bikini diprotes sana-sini, apalagi yang ini bakal ditalak suami masing-masing kale. Kalau di Youtube tidak semua orang menonton tayangan ini kecuali memang niat nyari, tapi TV kan beda, semua bisa nonton, apa kata duniaaa.

Aku salut dengan acara TV Champion atau Ninja Warior, walaupun acara ini di import dari luar, tapi banyak manfaan, inspirasi, pendidikan yang kita dapat, contohnya TV Champion itu pernah menayangkan lomba masak yang pesertanya semua anak-anak, membuat perabotan dengan barang-barang murah, membuat kreasi dengan streofoam atau pasir. Di Ninja Warior saya sangat kagum dan terharu melihat pasangan orang tua dan anak saling bahu membahu dan bekerja sama untuk meliwati berbagai rintangan.

Untuk kedepannya saya menghimbau semoga TV-TV lebih selektif memilih tayangan yang dimpor dari youtube. Jangan hanya mengambil mentah-mentah dari sana lantas dipindahkan plek ke TV, semoga acara serupa yang ada di TV lebih mengedepankan pengetahuan dan pendidikan yang bermanfaat.

 
15 Komentar

Ditulis oleh pada September 26, 2011 in think tank

 

15 responses to “KETIKA YOUTUBE TAYANG DI TV

  1. Asop

    September 27, 2011 at 8:00 am

    Wow. Saya jarang lihat TV sih, jadi gak tahu.😯

     
  2. bundadontworry

    September 27, 2011 at 9:23 am

    bunda juga suka lhat tayangan yg diambil dr you tube dan dipindahkan ke tv,
    tapi ya itu tadi, setuju dgnmu, Ina……….mbok ya diseleksi lagi, jgn langsung ditayangkan mentah2 seperti di you tube nya😦
    salam

     
  3. nh18

    September 28, 2011 at 1:32 pm

    TV Champion saya juga suka …
    Ada-ada saja yang dilombakan …
    mengatur kamar anak-anak …
    lomba antar petugas ekspedisi …
    lomba kreasi dan sebagainya … semuanya orisinil …

    Mengenai yu cub pindah ke layar kaca ??? …
    mmmm … no comments …
    Ini memang biaya produksinya murah meriah …
    Tapiiiiiiiii … yaaaa gitu deh …

    Salam saya Ina

     
  4. pelancongnekad

    September 28, 2011 at 2:37 pm

    saya jarang nonton tv sih,
    tapi beberapa kali liat program yang nayangin video dr youtube
    ini jadinya KREatif atau KEREatif?

    btw, salamkenal!

     
  5. oomguru

    September 28, 2011 at 8:03 pm

    mungkin karena biaya koneksi internet di indonesia masih mahal dan kualitasnya ecek-ecek,, jadinya orang2 pada males mgakses youtube.
    palingan kalo kepepet doank, semacam nyari video nglipnya mikha tambayong, gitu.. <<–saya banget

     
  6. Bibi Titi Teliti

    Oktober 1, 2011 at 2:29 am

    mbaaaaa….
    Minal Aidin sebelumnya yaaaaa…..*basi banget…hihihi*

    aku suka susah komen di blog mba yang ituh mbaaa…
    soalnya google akun ku suka error tuuuuh…

     
  7. Bibi Titi Teliti

    Oktober 1, 2011 at 2:32 am

    Inilah salah satu alasannya kita ‘maksa’ pasang tv kabel tuh mbaaa…

    anak anak nonton-nya disney chanel ato baby tv aja deeeeh…
    *sebenernya sih supaya aku lebih leluasa juga nonton starworld dan starmovie sih…hihihi*

    Nonton TV lokal kadang suka bikin stres tuh mba…
    Apalagi kalo malam yang acaranya sinetron semua…heudeuh…

    kalo tayangin youtube sih menurut aku mereka rada curang juga yah…
    pemalas gitu lho….

     
  8. sakti

    Oktober 3, 2011 at 5:30 am

    set..set…setuju buanget…

     
  9. kakaakin

    Oktober 6, 2011 at 4:47 pm

    Keknya udah banyak ya stasiun tv yang menampilkan acara2 seperti itu. Kami di rumah sih suka juga karena banyak hal2 yang baru kami ketahui dari informasi tersebut. Namun bila ada tayangan yang buruk dari video2 tersebut, mestinya sih dipilah-pilih lagi…😀

     
  10. Itik Bali

    Oktober 10, 2011 at 12:48 am

    Ho oh mbak,..
    aku juga mbatin begitu (mbatih aja sih) acara TV menampilkan koleksi YouTube. Jadi kerjaan programmer sekarang lebih banyak di depan komputer liat Youtube tiap hari😀

    Aku suka TV champion. lucu2 dan unik. Apalagi kalo lomba bikin makanan…wow…nomer 1 nontonnya..

     
  11. bayu

    Oktober 10, 2011 at 11:27 pm

    sekarang dunia udah berubah kalik. orang lebih senang main internet dari pada nonton tv. jadi makanya tanyangan youtube lebih asik jadi tv. makanya tv tinggal nyontek ajah

     
  12. giewahyudi

    Oktober 11, 2011 at 1:36 pm

    Lama-lama tivi yang masuk yutub.. hehee

     
  13. Ditter

    Oktober 12, 2011 at 2:15 pm

    Karena itulah aku sekarang jarang banget nonton televisi. Mendingan denger radio. Lebih menghibur dan cukup informatif….🙂

     
  14. Ceritaeka

    Oktober 25, 2011 at 8:08 am

    Sebenernya tayangan tipi yang pake youtube ituh aku kurang sreg mbak, lha kalo you tube doank mah daku bisa streaming sendiri, ngapain pake liat tipi?🙂

    Wis mbak ayo kita nonton berita ajah

     
  15. Pakde Cholik

    Oktober 30, 2011 at 9:02 am

    Tayangan TV terlalu banyak goyangan, tawuran, dialog yang rebutan ngomog dan bakar ban .
    Rindu dengan tayangan TVRI
    Salam hangat dari Surabaya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: